Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ESP32 PART-4. Program Led Berkedip (Blink)

Untuk menguasai pemograman ESP32 maka harus berhasil dulu dalam membuat program lampu LED berkedip (blink).Pada percobaan ini kita memanfaatkan lampu LED built in yang ada di dalam board ESP32 dev Module yang terhubung dengan pin GPIO2.

Pada  board ESP32 dev Module sudah dilengkapi 2 buah LED. LED tersebut ada yang digunakan sebagai indikator  untuk Power catu daya dan LED yang satu lagi adalah LED yang sudah langsung terhubung dengan  GPIO2. Penampakan lampu LED bisa terlihat pada gambar di bawah ini:


esp32



LED yang ada di dalam board ESP32 (GPIO2) inilah yang kita  manfaatkan untuk latihan membuat sketch programnya. Program yang kita buat cukup sederhana yaitu membuat lampu LED berkedip atau blink.


Buatlah sketch program untuk membuat LED berkedip atau blink. Hati-hati dalam membuatnya karena program arduino C++ adalah sensitive case. Jadi penulisan huruf besar dan kecil itu dianggap berbeda, jadi tidak sama. Buat sketch program didalam aplikasi Arduino IDE.


/*****************************************

 Program LED berkedip (Blink) 

 ESP32 Dev Module

 LED built in GPIO 2

 *****************************************/

int LED_BUILTIN = 2;


void setup() 

   {

   pinMode (LED_BUILTIN, OUTPUT); //variabel LED_BUILTIN sebagai output

   }


void loop()

   {

   digitalWrite(LED_BUILTIN, HIGH);

   delay(1000);

   digitalWrite(LED_BUILTIN, LOW);

   delay(1000);

   }

 

Setelah selesai silahkan hubungkan kabel USB ke board ESP32 dev Module. Pastikan port COM sudah dicheclist. Setelah itu lakukan verify guna memastikan tidak ada kesalahan dalam pengetikan program. Setelah melakukan verify maka sketch program diupload ke board ESP32. 

Jangan lupa saat muncul pesan connecting......____......____, maka tekan tombol BOOT yang ada pada board  ESP32.

JIka sudah sukses maka lampu LED akan berkedip (Blink) sekitar 1 detik ON dan 1 detik OFF dan program ini akan berjalan terus menerus (looping) selamanya hingga power supply di matikan.

Jika anda telah berhasil maka bisa diuji cobakan pada output GPIO yang lainnya. Kalau ingin menguji GPIO yang lainnya maka harus menggunakan  lampu LED eksternal. Silahkan pasangkan lampu LED yang terhubung dengan GPIO ESP32. Sesuaikan sketch programnya dengan GPIO yang digunakan.

Jika anda sudah menguji pada GPIO lainnya aka bisa melanjutkan eksperimen pada project ESP 32 lainnya yaitu ESP32 Part 5 "Sensor sentuh / touch"

Posting Komentar untuk "ESP32 PART-4. Program Led Berkedip (Blink)"