Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ESP32 PART-4. Program Led Berkedip (Blink)

Untuk menguasai pemograman ESP32 maka harus berhasil dulu dalam membuat program lampu LED berkedip (blink).

Pada percobaan ini kita memanfaatkan lampu LED built in yang ada di dalam board ESP32 dev Module yang terhubung dengan pin GPIO2.


Pada  board ESP32 dev Module sudah dilengkapi 2 buah LED. LED tersebut ada yang digunakan sebagai indikator  untuk Power catu daya dan LED yang satu lagi adalah LED yang sudah langsung terhubung dengan  GPIO2. Untuk jelasnya lihat pada gambar di bawah ini:


esp32


Silahkan ketik program di bawah ini menggunakan program aplikasi ARDUINO IDE :


/*****************************************

 Program LED berkedip (Blink) 

 ESP32 Dev Module

 LED built in GPIO 2

 *****************************************/

int LED_BUILTIN = 2;


void setup() 

   {

   pinMode (LED_BUILTIN, OUTPUT);

   }


void loop()

   {

   digitalWrite(LED_BUILTIN, HIGH);

   delay(1000);

   digitalWrite(LED_BUILTIN, LOW);

   delay(1000);

   }

 

Setelah selesai silahkan hubungkan kabel USB ke board ESP32 dev Module. Pastikan port COM sudah dicheclist. Setelah itu lakukan verify guna memastikan tidak ada kesalahan dalam pengetikan program. Setelah melakukan verify maka sketch program diupload ke board ESP32. 

Jangan lupa saat muncul pesan connecting......____......____, maka tekan tombol BOOT yang ada pada board  ESP32.

JIka sudah sukses maka lampu LED akan berkedip (Blink) sekitar 1 detik ON dan 1 detik OFF dan program ini akan berjalan terus menerus (looping) selamanya hingga power supply di matikan.

Untuk memahami fitur sensor sentuh ESP32 lebih lanjut klik : Fitur Touch screen ESP32 
Untuk memahami dasar-dasar ESP 32 klik : Hardware ESP32 

2 komentar untuk "ESP32 PART-4. Program Led Berkedip (Blink)"

  1. pak kalau ada soal cara mengerjaakannya pakai rumus apa gk pak? dan caranya kyk mn pak

    BalasHapus
  2. Pada materi arduino, atau digital lebih ditekankan pada penguasaan analisis logika saat merancang program sesuai dengan input dan output yang diinginkan. Untuk menganalisis harus faham logaritma, aritmatika, dan flowchrat

    BalasHapus