Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ESP32 PART-1. HARDWARE ESP32

ESP32 adalah sebuah chip mikrokontroller. ESP32 merupakan mikrokontroller yang sudah dilengkapi  Wi-Fi ditambah Bluetooth 4.2. 

ESP32 telah dibuat oleh perusahaan Espressif Systems, ESP32 dibuat dengan biaya yang cukup murah, daya yang dibutuhkan cukup rendah pada seri chip (SoC) dengan fasilitas Wi-Fi & memiliki kemampuan teknologi Bluetooth dua model. Board ESP32 telah dilengkapai antenna didalamnya, terdapat RF balun juga, sudah dilengkapi filters, terdapat pengat atau power amplifier, penguat penerima dengan noise rendah atau low-noise receive amplifier, dan sudah dilengkapi juga power management modules. ESP32 bisa diaplikasikan untuk Internet of Think (IoT). ESP32 memiliki kelebihan dalam konsumsi daya karena konsumsi dayanya sangat rendah melalui fitur hemat daya termasuk multiple power modes, dynamic power scaling dan fine resolution clock gating.

Module ESP32 merupakan penerus dari module ESP8266 yang cukup populer untuk Aplikasi IoT. Pada ESP32 terdapat inti CPU serta Wi-Fi yang lebih cepat, GPIO yang lebih, dan mendukung Bluetooth Low Energy.

 

Board ESP32 bisa dijadikan  penerus dari board ESP8266 yang sering digunakan untuk Aplikasi IoT. Pada ESP32 telah memiliki CPU dan Wi-Fi yang lebih cepat dari ESP8266, GPIO yang cukup banyak, dan telah mendukung teknologi Bluetooth Low Energy (BLE).

 

Bentuk Arsitektur dan Block Diagram dari ESP32 bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

 

blok diagram esp32
sumber gambar : https://embeddednesia.com/v1/esp32-system-on-chip-suksesor-esp8266/


Fitur dan Spesifikasi ESP32


1.  Prosesor:

      - Prosesor yang digunakan adalah Tensilica Xtensa mikroprosesor LX6 32-bit

      - Prosesornya bisa 2 Core atau 1 core hal ini tergantung variasinya.

      - Frekuensi untuk clock maksimum 240 MHz.

 

2.  Konektivitas nirkabel:

Wi-Fi: 802.11 b/g/n/e/i (802.11n @2.4 GHz hingga 150 Mbit/s) Bluetooth: v4.2 BR/EDR dan Bluetooth Low Energy(BLE).

 

3.  Memori:

Memori internal:

ROM: 448 KB

SRAM: 520 KB

RTC fast SRAM: 8 KB

RTC slow SRAM: 8 KB

eFuse: 1 Kbit

Flash tertanam:

0 MB (ESP32-D0WDQ6, ESP32-D0WD, dan chip ESP32-S0WD)

2 MB (chip ESP32-D2WD)

4 MB (modul ESP32-PICO-D4 SiP)

 

flash eksternal & SRAM: 

Memori Flash eksternal sebesar 16 MB yang dipetakan ke dalam ruang kode pada CPU, ESP32 juga telah mendukung akses data 8-bit, 16-bit dan 32-bit.

 

Memori flash atau SRAM eksternal 

Memori flash atau SRAM eksternal sebesar 8 MB dipetakan ke dalam ruang data CPU, ESP32 telah mendukung akses  8-bit, 16-bit dan 32-bit. Pembacaan data didukung pada memori flash dan SRAM. Sedangkan Penulisan data didukung pada memori SRAM.

 

4.   Input/output (I/O) periferal: 

Input/Output yang dimiliki oleh ESP32 adalah sensor sentuh kapasitif, telah dilengkapi konverter dari sinyal analog (tegangan DC) menjadi besaran digital atau sering disebut  Analog Digital Converter (ADC), Sudah dilengkapi juga alat untuk mengubah besaran digital menjadi sinyal tegangan analog atau sering disebut dengan Digital   Analog Converter (DAC), sudah ada teknologi sirkuit terpadu yaitu I²C, dilengkapi juga dengan komunikasi serial baik penerima ataupun pemancar asingkron universal yang sering disebut UART, sudah ada Jaringan Area Pengendali CAN 2.0, dilengkapi juga dengan Serial Peripheral Interface, terdapat Suara Inter-IC Terpadu atau I²S, dilengkapi juga dengan Reduced Media-Independent Interface (RMII), terdapat juga modulasi lebar pulsa atau Pulse Width Modulation (PWM).

 

5.  Fitur Keamanan:

Fitur keamanan yang diterapkan pada board ESP32 telah cukup baik karena sudah mendukung semua fitur keamanan standar IEEE 802.11 seperti WFA, WPA/WPA2 dan WAPI Boot sudah cukup aman karena telah ter- Enkripsi flash OTP 1024-bit, hingga bisa 768 bit.  Akselerasi untuk perangkat keras kriptografis ESP32 antara lain: RSA, AES, SHA-2, generator angka acak(RNG) dan kurva eliptik kriptografi (ECC).



Bentuk Fisik ESP32 Dev Module

 

Berikut ini adalah bentuk Fisik Module ESP32 :


esp32

Mari kita bahas bagian-bagian board ESP32 dan fungsinya :

 

Soket Micro-USB pada board ESP32.

Soket ini guna menghubungkan computer dengan ESP32 melalui kabel USB. Soket ini digunakan untuk mengupload program dan juga bisa untuk debugging serial karena ESP32 mendukung komunikasi secara serial.

 

Tombol EN pada board ESP32.

Tombol EN pada ESP32 digunakan sebagai tombo. Tombol Reset berfungsi untuk mengatur ulang kode yang berjalan pada modul ESP32.

 

Tombol Booting (Boot).

Tombol boot ini digunakan untuk mengupload/mengunggah Program yang sudah dibuat di Arduino IDE ke dalam board ESP32. Pada saat mengupload program maka tombol boot harus ditekan. Jangan menekan tombol Boot dan EN secara bersamaan karena akan masuk ke mode unggahan firmware. Sebaiknya jangan gunakan mode ini kecuali kalau benar-benar sudah menguasainya.

 

LED Merah pada ESP32.

LED Merah yang terpasang buildin pada board ESP32 adalah  indicator catu daya. Jadi LED merah akan menyala saat board ESP32 terhubung ke power supply.

 

LED Biru pada ESP32.

LED Biru yang telah building pada board ESP32 merupakan LED yang telah terhubung ke pin GPIO. LED biru bisa bisa dimatikan/dihidupkan melalui pemrograman yang dibuat. Akan tetapi beberapa board yang hasil kloning buatan china ada juga yang LED berwarna merah.

 

pin Input/Output ESP32.

Pada board ESP32 kita dapat mengakses semua pin Input/Output (I/O) melalui pin break-out. Pin ini mampu Baca/Tulis Digital, Baca/Tulis Analog, PWM, IIC, SPI, DAC, dan banyak lagi. Kita akan membahasnya nanti. UNtuk lebih jelasnya bisa mempelajari Datasheet pada ESP32.

 

ESP-WROOM-32 pada ESP32.

ESP-WROOM-32 merupakan mikroprosesor 32-bit yang dikembangkan oleh sistem Espressif.

 

Susunan pin pada board ESP32 terutama I/O nya bisa dilihat pada gambar dibawah ini: 

 

pin in out esp32
sumber gambar : https://circuits4you.com/2018/12/31/esp32-devkit-esp32-wroom-gpio-pinout/

Untuk lebih memahami ESP32 klik : instalasi board ESP32


Sumber narasi : P4TK BMTI Bandung

2 komentar untuk "ESP32 PART-1. HARDWARE ESP32 "

  1. pak apa artinya soket micro-USB?

    BalasHapus
    Balasan
    1. micro USB adalah versi mini dari interface USB yang umumnya digunakan pada smartphone, MP3 player, kamera digital, dll

      Hapus