Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MEMBUAT SENDIRI LOGIC PROBE DIGITAL

Materi ini akan menjelasakan cara membuat sendiri logic probe dengan komponen elektronika sederhana yaitu  lampu LED.

Besaran digital dikenal istilah 1 dan 0 atau high dan low. Besaran digital ini bisa kita ukur dengan menggunakan logic probe.Kondisi 1 dan 0 harus diketahui dengan pasti pada saat praktik uji coba rangkaian digital. Sehingga dengan probe logic ini maka kita akan terbantu untuk mengetahui kondisi logi pada IC digital

Logic probe digunakan untuk mengukur kondisi input atau output IC digital, contoh jika kita ingin mengetahui logika tegangan input dan output pada IC SN7400 (gerbang NAND). Maka kita bisa menempelkan logic probe ke IC tersebut. JIka lampu LED menyala baik merah atau hijau maka itu menandakan logika digital yang terjadi pada IC tersebut. Jadi logic sebagai indikator yang bisa membedakan kondisi 1 dan 0 atau high dan low. 

Untuk membuat sendiri sebuah alat logic probe yang simpel maka anda bisa menggunakan 2 buah LED dengan berbeda warna. LED merah maka menandakan logic 1 (high) dan LED Hijau menandakan kondisi logic 0 (low).

 

Adapun sekema rangkaiannya dapat di lihat pada gambar di bawah ini:


Kondisi 1 (high)
Kondisi 1 atau high adalah kondisi dimana suatu input atau Output sedang terhubung dengan Vcc atau tegangan positif. Led merah menyala menyala menandakan suatu titik dalam kondisi high.

Kondisi 0 (Low)

Kondisi  0 atau low adalah kondisi dimana suatu input atau Output sedang terhubung dengan ground atau tegangan negatif. Led hijau menyala menandakan suatu titik tersebut dalam kondisi low.


Jika logic probe menyala bersamaan maka kondisi tersebut adalah kondisi mengambang. 

Untuk menggunakan Logic probe ini maka yakinkan kabel ground logic probe sudah terhubung dengan  groundnya IC digital yang akan diuji. Sesuai dengan tegangan kerja pada LED maka rangkaian diatas hanya bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi high dan low pada tegangan 5V.

Untuk melindungi rangkaian logic probe digital ini maka bisa kita masukkan ke dalam box kecil. Pembuatan box bisa saja manfaatkan barang bekas seperti sisa pipa paralon PVC, kotak plastik, dan lain-lain. Usahakan carilah box yang bisa cukup untuk memasukkan batre kecil 2 buah. Lalu lubangilah box untuk menempatkan lampu LED dan kabel. Selamat membuat.

1 komentar untuk "CARA MEMBUAT SENDIRI LOGIC PROBE DIGITAL "