Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MEMBUAT SENDIRI LOGIC PROBE DIGITAL

Pada besaran digital dikenal istilah 1 dan 0 atau high dan low. Besaran digital ini bisa kita ukur dengan menggunakan logic probe.

Kondisi 1 dan 0 harus diketahui dengan pasti pada saat praktik uji coba rangkaian digital. Sehingga dengan probe logic ini maka kita akan terbantu untuk mengetahui kondisi logi pada IC digital

Logic probe digunakan untuk mengukur kondisi input atau output IC digital, contoh jika kita ingin mengetahui logika tegangan input dan output pada IC SN7400 (gerbang NAND) Dengan menempelkan logic probe maka akan hidup lampu LED sebagai indikator yang bisa membedakan kondisi 1 dan 0 atau high dan low. 

Untuk membuat sendiri sebuah alat logic probe yang simpel maka anda bisa menggunakan 2 buah LED dengan berbeda warna. LED merah maka menandakan logic 1 (high) dan LED Hijau menandakan kondisi logic 0 (low).

 

Adapun sekema rangkaiannya dapat di lihat pada gambar di bawah ini:
PROBE LOGIC
Kondisi 1 (high)
Kondisi 1 atau high adalah kondisi dimana suatu input atau Output sedang terhubung dengan Vcc atau tegangan positif. Led merah menyala menyala menandakan suatu titik dalam kondisi high.


PROBE LOGIC

Kondisi 0 (Low)

Kondisi  0 atau low adalah kondisi dimana suatu input atau Output sedang terhubung dengan ground atau tegangan negatif. Led hijau menyala menandakan suatu titik dalam kondisi low.

PROBE LOGIC

Jika logic probe menyala bersamaan maka kondisi tersebut adalah kondisi mengambang. 

Untuk menggunakan Logic probe ini maka yakinkan kabel ground logic probe sudah terhubung baik dengan  ground  IC digital yang akan diuji.

Perlu diketahui bahwa led mempunyai tegangan kerja 2-3V  jadi rangkaian diatas hanya bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi high dan low pada tegangan 5V.

2 komentar untuk "MEMBUAT SENDIRI LOGIC PROBE DIGITAL "

  1. pak apa arti dari logic probe dan ground logic

    BalasHapus
    Balasan
    1. logic Probe adalah alat untuk mendeteksi output digital pada IC digital sehingga bisa diketahui logikanya high (1) atau low (0). Sedangkan ground logic adalah groud pada logic probe tadi yang dihubungkan dengan groud IC yang akan di deteksi output digitalnya

      Hapus