Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arduino part 7. Mengatur Kecerahan LED

Untuk mengatur kecerahan lampu LED seperti dimmer lampu, kita bisa menggunakan potensiometer dan arduino.

Saat potensiometer diputar-putar maka lampu LED bisa mati, redup, terang dan sangat terang. Pembuatan sketch programnya pun cukup simpel sehingga cukup mudah dipelajari.

Potensiometer kita gunakan untuk mengatur tegangan DC agar bisa mengeluarkan tegangan DC secara variable (bisa diubah-ubah) mulai dari 0 volt hingga 5 volt. Perubahan nilai tegangan pada potensiometer akan dimasukkan ke dalam input analog (A0) pada arduino uno. Hasil tegangan potensiometer (analog) akan diubah menjadi besaran digital melalui alat ADC (Analog to Digital Converter). ADC sudah terintegarasi dalam chip pada board Arduino. Hasil ADC adalah berupa besaran digital 10 bit atau angka desimal (0 s.d 1023). Jadi pada saat potensiometer diputar-putar maka besaran digital/angka desimalnya pun akan ikut berubah (Perubahan ini bisa dicek pada serial monitor Program arduino IDE). Untuk lebih jelasnya tentang input analog bisa klik di sini.

Nah pada project kali ini, kita akan memanfaatkan perubahan besaran digital/nilai desimal (0 s.d 1023) pada potensiometer untuk mengendalikan terang dan redupnya (kecerahan) lampu LED. Tentunya untuk melakukan hal tersebut kita membutuhkan alat lagi namanya DAC (Digital Analog to Converter). DAC akan mengubah besaran digital menjadi sinyal analog. Hasil sinyal analognya adalah berupa tegangan DC 0 s.d 5 volt.  Tegangan hasil DAC inilah yang akan dihubungkan ke lampu LED, sehingga kecerahan lampu LED bisa diubah-ubah.

DAC sudah ada terintegrasi di dalam chip board Arduino jadi tidak perlu alat DAC tambahan. Output analog (DAC) nya ada 6 buah yaitu pin no : 3,5,6,9,10,11. Pin ini sebenarnya sama dengan pin yang dipakai untuk Pulse Width Modulation (PWM). Apa itu PWM ? bisa klik di sini.

Pin output analog (DAC) nilainya 0 s.d 255, nilai tersebut setara dengan ouput 0 s.d 5 voltJadi silahkan saja gunakan pin output analog yang mana saja. Dalam project ini kita menggunakan pin 5, dan jika ingin menggunakan pin lainnya silahkan tinggal diganti dalam sketch programnya. Nanti pin output analog (pin 5) akan terhubung dengan LED.

Dengan project kali ini maka pada saat potensiometer diputar ke kiri atau ke kanan maka akan berpengaruh terhadap terang dan gelapnya lampu LED. LED bisa mati, redup dan terang karena terjadinya perubahan tegangan. Saat tegangan penuh = 5 Volt, maka lampu LED akan sangat terang, akan tetapi saat tegangan kurang dari 5 volt maka lampu LED mulai redup. Dan pada saat tegangan = 0 volt maka lampu LED akan mati.

Kalau sudah memahami konsep kerjanya maka langkah selanjutnya kita akan coba praktikkan. Untuk membuat project ini kita membutuhkan alat dan bahan sebagai berikut :

1.  Arduino Uno R3

2.  Projectboard

3.  LED

4.  Resistor 330 ohm

5.  Potensiometer

6.  Kabel jumper

Setelah alat dan bahan sudah di siapkan maka silahkan merakit rangkaiannya seperi contoh gambar di bawah ini:

kontrol LED arduino


Untuk lebih jelasnya lagi bisa melihat skema rangkaian di bawah ini :

 

kontrol LED arduino

Sketch Program

 

program kontrol LED arduino

//-------------------------------------------

//--- Kecerahan lampu LED

//--- Oleh Hendry Kurniawan

//--- www.elektronikahendry.com

//-------------------------------------------

int led = 5; // Memilih pin no 5 untuk lampu LED 

int Potensiometer = A0; // Memilih pin analog untuk Potensiometer

int potVal = 0; // Tempat untuk menerima nilai tegangan dari Potensiometer

void setup() { 

   pinMode(led, OUTPUT); // Mengatur lampu LED sebagai output 

void loop() { 

    potVal = analogRead(Potensiometer); // nilai dari Potensiometer disimpan di potVal

    potVal = map(potVal, 0, 1023, 0, 255); // mengubah skala nilai (0-1023) menjadi skala (0-255) 

    analogWrite(led, potVal); // kirim nilai tegangan analog ke LED

}  

Setelah sketch program dibuat maka lakukan verify dan upload ke board ardino. Jika telah berhasil maka saat memutar potensiometer akan mengakibatkan kecerahan lampu LED akan berubah.

Demikianlah pembahasan tentang project membuat Kecerahan LED menggunakan Potensiometer. Silahkan dikembangkan lagi alat ini misalnya potensiometer digunakan untuk mengatur kecepatan motor, atau untuk pengontrol lainnya.

Posting Komentar untuk "Arduino part 7. Mengatur Kecerahan LED"