Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Layar Monitor Laptop Asus A46C

Laptop sekarang sudah menjadi kebutuhan hampir setiap orang karena memang laptop punya banyak kelebihan dibandingkan dengan Personal Computer (PC). Laptop merupakan perangkat computer portable dan bentuknya yang tipis sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana. Walaupun laptop punya banyak kelebihan tetapi laptop juga punya kekurangan lainnya, salah satunya karena bentuknya yang cukup tipis maka lebih rentan terhadap kerusakan.
 
Kerusakan-kerusakan yang umumnya terjadi pada laptop antara lain : batre laptop yang cepat habis, keyboard, charger, layar LCD/LED laptop, DVD R/W dan lain-lain. Pada tulisan kali ini kita membahas tentang cara mengganti layar laptop Asus A46C yang mengalami kerusakan. Laptop asus yang saya miliki usianya sudah lumayan uzur, dan tiba-tiba layar monitornya mengalami kerusakan. Kerusakan awal pada bagian bawah yang tidak begitu lebar, akan tetapi setelah beberapa lama daerah kerusakannya pun semakin besar dan ini sangat menggangu dalam aktifitas kita saat menggunakan laptop.
 

Untuk mengganti laptop kita harus menyiapkan peralatan seperti obeng plus. Obeng plus yang digunakan cukup obeng + kecil dan usahakan yang memiliki magnet pada obengnya agar lebih mudah saat memasang bautnya nanti. Setelah obengnya disiapkan maka siapkan juga layar LED laptop yang baru. Belilah layar laptop sesuai dengan merek dan model laptopnya. Untuk layar laptop ada yang memiliki 30 pin dan ada yang memiliki 40 pin, dan ini tidak boleh salah saat membeli layar laptop yang baru. Khusus untuk laptop Asus A46C menggunakan layar LED 40 pin. Pembeliannya bisa langsung ke toko komputer terdekat atau bisa juga membeli secara online. Usahakan saat membeli online, mintalah dipacking secara baik bahkan kalau perlu minta packing dari bahan kayu agar layar laptop tidak pecah atau retak saat diperjalanan. Lebih baik kita mengeluarkan biaya pengiriman yang sedikit lebih mahal agar barang yang dikirim benar-benar terjamin dan tidak terjadi kerusakan saat diperjalanan.
 
Jika alat dan bahannya sudah tersedia, maka matikan dulu laptopnya dan cabut kabel power supply (charger). Setelah itu ikuti saja langkah-demi langkah seperti dibawah ini:
  • Bukalah plastic/sticker yang menutupi baut pada layar laptop. Untuk membukanya bisa mencungkil ujung sticker menggunakan ujung pisau cutter. Posisinya ada2  buah di bawah kiri dan kanan.

  • Bukalah ke 2 baut tersebut. Hati-hati karena bautnya cukup kecil jangan sampai terjatuh karena kalau sudah terjatuh akan sulit mencarinya. Gunakan obeng magnet agar saat baut terlepas maka bautnya masih menempel di obeng.
  • Setelah ke 2 baut terlepas, maka letakkan baut pada wadah kecil atau boleh juga siapkan maget agar bautnya menempel pada magnet. Bukalan cover penutup layar laptop menggunakan jari tangan. Tariklah secara perlahan hingga pengait plastiknya terbuka. Kalau laptopnya belum pernah dibuka maka membukanya sedikit lebih sulit.
  • Jika covernya sudah terbuka, maka bukalah ke-4 baut layar laptop. Pada saat baut terakhir dilepas hati-hati jangan sampai layarnya terlepas. JIka baut sudah terlepas semua, silahkan buka monitornya dan letakkan di atas keyboard.
  • Lepaskan terlebih dahulu stiker penahan soket kabel, setelah dilepas stiker tersebut barulah ditarik secara perlahan soket kabelnya.
  • Setelah soket kabel terlepas, ambilah layar monitor yang baru anda beli, bandingkan ukuran pinnya sama. Untuk layar monitor laptop asus A46C menggunakan 40 pin. Dan untuk merek laptop yang lain sesuaikan saja karena ada yang 30 pin dan ada yang 40 pin.

  • Pasanglah soket kabel dengan cara dorong perlahan, yakinkan soket sudah terpasang dengan sempurna. JIka sudah lalu tempelkan kembali stickernya. Sticker ini merupakan alat penahan supaya soket kabel tidak bergerak karena jika bergerak sedikit saja bisa saja layar tidak tampil atau tampilan warna layarnya tidak sempura.
  • Sebelum pasang ke-4 bautnya, maka lebih baik ujicoba dulu dengan menghidupkan laptopnya sebentar, guna memastikan gambar yang tampil sudah sempurna. Jika gambarnya sudah bagus maka pasanglah ke-4 bautnya. Saat mengencangkan baut jangan terlalu dipaksa kencang, karena hal ini bisa merusak dratnya, jadi kira-kira saja yang penting sudah cukup kencang dan dijamin tidak lepas.
  • Jika sudah selesai memasang baut,maka pasangkah kembali cover penutupnya, agar lebih kencang maka tekanlah cover nya dengan tekanan sedang. Pastikan pemasangan cover sudah rapat dan sempurna.
  • Pasanglah kembali ke-2 baut penutup cover layar dan pasang kembali plastic/sticker penutup bautnya. JIka sticker tersebut tidak mau menempel lagi karena lemnya sudah kering maka anda bisa menambahkan lem aibon atau uhu agar sticker itu menempel dengan kuat dan rapat.
  • Silahkan hidupkan kembali laptopnya…dan selesai.

JIka dari tulisan ini masih belum dimengerti maka anda  bisa menonton tutorialnya pada video berikut ini.



1 komentar untuk "Cara Mengganti Layar Monitor Laptop Asus A46C"