Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat program Arduino tanpa Komputer

Pembuatan program Arduino tidak selamanya harus menggunakan komputer, karena sekarang dengan menggunakan smartphone android kita bisa membuat program arduino. Jadi dengan adanya smartphone maka kita bisa melakukan ujicoba dan pembuatan sketch program. Kita cukup mendownload aplikasi ArduinoDroid di play store maka kita sudah bisa menggunakannya untuk membuat program arduino.



Sebenarnya aplikasi yang digunakan macam-macam, tetapi diartikel ini kita menggunakan aplikasi ArduinoDroid. Aplikasi ini bisa didownload dari playstore.



Setelah di download maka lakukan peng-installan. Tampilan layarnya seperti di bawah ini :

Pengetikkan progam bisa menggunakan keyboard android atau keyboard yang sudah disiapkan dalam aplikasi ini. Perbedaannya keybard aplikasi dibuat jauh lebih sederhana karena sesuai dengan karekter yang sering dipakai dalam pembuatan sketch program arduino.

Silahkan ketik sketch program dibawah ini untuk latihan pemograman.

const int LED = 13;
void setup()
{
 pinMode(LED, OUTPUT);
}

 void loop()
{
 digitalWrite(LED, HIGH);
 delay(500); 
 digitalWrite(LED, LOW);
 delay(500);  
}

Jika sketch program sudah diketik maka untuk menghubungkan Handphone ke arduino kita memerlukan kabel USB dan konektor OTG. Konektor OTG bisa kita beli di toko asesoris handphone atau di toko elektronik. Bentuknya seperti ini :

Lalu hubungkan kabel USB arduino ke handphone android. Nanti pada saat menggunakan kabel OTG USB maka pastikan USB OTG sudah di aktifkan pada Handphone. Cara mengaktifkan OTG di handphone android bisa pilih di menu "Pengaturan" >> "pengaturan tambahan" >> koneksi OTG di geser supaya menjadi ON. 

Setelah program di ketik maka lakukan  verify (compile) dengan mengklik gambar petir setelah sukses barulah diupload ke Arduino dengan mengklik menu upload.Untuk lebih jelasnya bisa ditonton pada video dibawah ini:


sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=Z0hySFAe4cI


Demikianlah pembahasan tentang pemograman arduino tanpa menggunakan komputer. Jadi jangan lagi bingung saat ingin praktik Arduino tanpa memiliki komputer. Untuk uji coba program yang lainnya bisa buka di  Macam-macam Pemograman ARDUINO. Selamat mencoba

1 komentar untuk "Membuat program Arduino tanpa Komputer"